Kamis, 05 Januari 2012

RPP KELAS 1 PENGENDALIAN SOSIAL


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan pendidikan                      : MAN I KEBUMEN
Kelas/semester                         : X / 2
Program                                   : -
Mata pelajaran                         : SOSIOLOGI
Alokasi waktu                          : 10 x 45 menit
A.     Standar Kompetensi
Menerapkan nilai dan norma dalam proses pembentukan kepribadian
B.     Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan pengendalian sosial dalam kehidupan masyarakat
C.     Indicator Pencapaian Pembelajaran
1.      Menjelaskan  definisi pengendalian sosisal
2.      Mendeskripsikan sifat-sifat pengendalian sosial
3.      Menjelaskan  proses pengendalian sosial
4.      Mendeskripsikan cara-cara pengendalian sosial
5.      Mengidentifikasi  jenis-jenis lembaga pengendalian social
D.     Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat :
1.      Menjelaskan  definisi pengendalian sosisal
2.      Mendeskripsikan sifat-sifat pengendalian sosial
3.      Menjelaskan  proses pengendalian sosial
4.      Mendeskripsikan cara-cara pengendalian sosial
5.      Mengidentifikasi  jenis-jenis lembaga pengendalian social
E.      Materi Ajar : Pengendalian Sosial
1.      Pengendalian sosialses pe dan sifat pengendalian sosial
2.      Proses dan cara pengendalian sosial
3.      Jenis-jenis lembaga pengendalian sosial
F.      Alokasi Waktu: 10 x 45 menit
G.     Moden dan Metode Pembelajaan
Diskusi kelompok, role playing, jigsaw
H.     Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 JP)
1.    Kegiatan Awal (10’)
·      Mengajukan beberapa pertanyaan tentang materi pelajaran yang lalu yaitu perilaku menyimpang
·      Menginformasikan tujuan pembelajaran pada pertemuan kali ini yaitu mendiskusikan tentang pengertian, pola dan fungsi pengendalian sosial
2.    Kegiatan Inti (70’)
·      Eksplorasi
Ø Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
Ø Masing-masing kelompok mengkaji tentang pengertian, pola dan fungsi pengendalian sosial
Ø Kelompok 1 mengkaji tentang pengertian pengendalian sosial menurut Peter L Berger
Ø Kelompok 2 mengkaji tentang pengertian pengendalian sosial menurut Horton dan Hunt
Ø Kelompok 3 mengkaji tentang pengertian pengendalian sosial menurut Bruce J Cohen
Ø Kelompok 4 mengkaji tentang tujuan pengendalian sosial
Ø Kelompok 5 mengkaji tentang pola pengendalian sosial (kelompok terhadap kelompok, kelompok terhadap anggotanya)
Ø Kelompok 6 mengkaji tentang pola pengendalian sosial (individu terhadap kelompok, individu terhadap individu lain)
·      Elaborasi
Ø Tiap-tiap kelompok secara bergantian mempresentasikan materi
Ø Kelompok lain memperhatikan presentasi dan mempersiapkan kritik dan saran
·      Konfirmasi
Ø Guru memberikan konfirmasi dengan memberikan tanggapan terhadap komentar siswa dalam diskusi kelompok.
3.    Kegiatan Akhir (10’)
·      Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan
·      Menunjuk beberapa orang siswa untuk menyimpulkan materi pelajaran

Pertemuan 2 (2 JP)
1.    Kegiatan Awal (10’)
·      Mengajukan beberapa pertanyaan tentang materi pelajaran yang lalu yaitu pengertian, pola dan fungsi pengendalian sosial
·      Menginformasikan tujuan pembelajaran pada pertemuan kali ini yaitu mendiskusikan tentang sifat dan proses pengendalian sosial
2.    Kegiatan Inti (70’)
·      Eksplorasi
Ø Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
Ø Tiap-tiap kelompok berdiskusi untuk membuat performans tentang sifat dan proses pengendalian sosial
Ø Kelompok 1 membuat performans tentang pengendalian sosial preventif
Ø Kelompok 2 membuat performans tentang pengendalian sosial represif
Ø Kelompok 3 membuat performans tentang pengendalian sosial persuasif
Ø Kelompok 4 membuat performans tentang pengendalian sosial koersif
Ø Kelompok 5 membuat performans tentang pengendalian sosial pervasi
·      Elaborasi
Ø Masing-masing kelompok secara bergantian menampilkan performans tentang sifat dan proses pengendalian sosial
Ø Kelompok lain memperhatikan performans dengan mempersiapkan kritik dan saran
·      Konfirmasi
Ø Guru memberikan konfirmasi dengan memberikan tanggapan terhadap performans siswa
3.    Kegiatan Akhir (10’)
·      Masing-masing kelompok yang telah mempresentasikan hasil diskusi mereka memberikan kesimpulan
·      Memberikan pertanyaan tentang materi yang telah dipresentasikan untuk menambah pemahaman siswa

Pertemuan 3 (2 JP)
1.    Kegiatan Awal (10’)
·      Mengajukan beberapa pertanyaan tentang materi pelajaran yang lalu yaitu sifat dan proses pengendalian sosial
·      Menginformasikan tujuan pembelajaran kali ini yaitu mendiskusikan tentang cara pengendalian sosial
2.    Kegiatan Inti (70’)
·      Eksplorasi
Ø Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
Ø Kelompok 1 mendiskusikan tentang cara pengendalian sosial secara formal (hukuman fisik)
Ø Kelompok 2 mendiskusikan tentang cara pengendalian sosial secara formal (lembaga pendidikan)
Ø Kelompok 3 mendiskusikan tentang cara pengendalian sosial secara formal (ajaran agama)
Ø Kelompok 4 mendiskusikan tentang cara pengendalian sosial secara informal (cemoohan)
Ø Kelompok 5 mendiskusikan tentang cara pengendalian sosial secara informal (ostrasisme)
Ø Kelompok 6 mendiskusikan tentang cara pengendalian sosial secara informal (fraundulens)
·      Elaborasi
Ø Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi
Ø Kelompok lain menanggapi dengan memberikan pertanyaan dan sanggahan
·      Konfirmasi
Ø Guru memberikan konfirmasi dengan memberikan penekanan pada materi diskusi dan meluruskan jawaban-jawaban serta tanggapan yang tidak tepat
3.    Kegiatan Akhir (10’)
·      Masing-masing kelompok yang telah mempresetasikan hasil diskusinya memberikan kesimpulan
·      Memberikan penguatan terhadap materi yang telah dibahas melalui diskusi kelompok

Pertemuan 4 (2 JP)
1.    Kegiatan Awal (10’)
·      Mengajukan beberapa pertanyaan tentang materi pelajaran yang lalu yaitu tentang cara pengendalian sosial
·      Menginformasikan tujuan pembelajaran hari ini yaitu tentang jenis-jenis lembaga pengendalian sosial.
2.    Kegiatan Inti (70’)
·      Eksplorasi
Ø Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
Ø Kelompok 1 mendiskusikan tentang lembaga kepolisian
Ø Kelompok 2 mendiskusikan tentang lembaga pengadilan
Ø Kelompok 3 mendiskusikan tentang tokoh adat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar