RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan pendidikan : MAN I KEBUMEN
Kelas/semester : X / 2
Program : -
Mata pelajaran : SOSIOLOGI
Alokasi waktu : 12 x 45 menit
A. Standar Kompetensi
Menerapkan nilai dan norma dalam proses pembentukan kepribadian
B. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan sosialisasi sebagai proses dalam pembentukan kepribadian
C. Indicator Pencapaian Kompetensi
1. Menjelaskan definisi sosialisasi
2. Mengidentifikasi media sosialisasi
3. Mendeskripsikan tahapan sosialisasi
4. Mendeskripsikan pola sosialisasi dalam keluarga
5. Menjelaskan definisi kepribadian
6. Mendeskripsikan faktor-faktor pembentuk kepribadian
D. Tujuan Pembelajaran
1. Menjelaskan definisi sosialisasi
2. Mengidentifikasi media sosialisasi
3. Mendeskripsikan tahapan sosialisasi
4. Mendeskripsikan pola sosialisasi dalam keluarga
5. Menjelaskan definisi kepribadian
6. Mendeskripsikan faktor-faktor pembentuk kepribadian
E. Materi Ajar : Sosialisasi dan Kepribadian
1. Definisi dan media sosialisasi
2. Tahapan sosialisasi dan pola sosialisasi dalam keluarga
3. Definisi kepribadian dan faktor pembentuk kepribadian
F. Alokasi Waktu: 12 x 45 menit
G. Model dan Metode Pembelajaran
1. Model pembelajaran: Diskusi kelompok, role playing, quantum learning, problem solving.
2. Metode Pembelajaran:
a. informasi
b. Kerja mandiri
c. Diskusi
d. Kerja kelompok
H. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 JP)
1. Kegiatan Awal (10’)
· Menginformasikan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator serta materi pokok yang akan dipelajari pada semester genap
· Menginformasikan tujuan pembelajaran untuk pertemuan kali ini yaitu mendefinisikan sosialisasi
2. Kegiatan Inti (70’)
· Eksplorasi
Ø Siswa secara berkelompok mendiskusikan definisi sosialisasi
Ø Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok awal
Ø Tiap-tiap anggota kelompok mendapat tugas yang berbeda-beda, yaitu definisi sosialisasi menurut:
ü Kamus besar Bahasa Indonesia
ü Peter L Berger
ü Paul B Horton
ü Vander Zande
ü David A Goslin
Ø Berdasarkan tugas yang diterima anggota kelompok bergabung dengan anggota kelompok lain untuk membentuk tim ahli
Ø Diskusi kelompok ahli dilakukan untuk membahas definisi sosialisasi sesuai dengan yang telah ditetapkan
Ø Anggota kelompok kembali ke kelompok awal
Ø Tiap-tiap anggota menyampaikan hasil diskusi dalam kelompok ahli
· Elaborasi
Ø Beberapa kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang definisi sosialisasi
· Konfirmasi
Ø Guru memberikan konfirmasi dengan mengoreksi pendapat yang salah dan memberikan penegasan pada jawaban yang benar
Ø Kelompok yang mengajukan jawaban yang kurang tepat diharapkan memperbaiki jawaban tersebut
3. Kegiatan Akhir (10’)
· Memberi postest kepada siswa secara lisan untuk menggugah ingatan siswa terahadap materi pelajaran
· Menunjuk beberapa orang siswa untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajari
Pertemuan 2 (2 JP)
1. Kegiatan Awal (10’)
· Memberikan pertanyaan kepada siswa tentang materi pelajaran yang lalu untuk mengulang kembali materi yang telah diajarkan
· Menginformasikan tujuan pembelajaran untuk pertemuan kali ini yaitu mengkaji tentang agen sosialisasi
2. Kegiatan Inti (70’)
· Eksplorasi
Ø Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
Ø Tiap-tiap kelompok berdiskusi untuk membuat performans tentang agen sosialisasi
Ø Kelompok 1 membuat performans tentang keluarga
Ø Kelompok 2 membuat performans tentang peer group
Ø Kelompok 3 membuat performans tentang sekolah
Ø Kelompok 4 membuat performans tentang lingkungan kerja
Ø Kelompok 5 membuat performans tentang media massa
· Elaborasi
Ø Masing-masing kelompok secara bergantian menampilkan performans tentang agen sosialisasi
Ø Kelompok lain memperhatikan performans dengan mempersiapkan kritik dan saran
· Konfirmasi
Ø Guru memberikan tanggapan terhadap performans siswa
Ø Guru memberikan koreksi terhadap performans yang tidak relevan dengan materi
3. Kegiatan Akhir (10’)
· Memberikan pertanyaan postes tentang materi yang telah dipelajari
· Menunjuk beberapa orang siswa untuk menyimpulkan materi pelajaran pada pertemuan ini
·
Pertemuan 3 (2 JP)
1. Kegiatan Awal (10’)
· Memberikan pertanyaan kepada siswa tentang materi pelajaran yang lalu yaitu agen sosialisasi
· Menginformasikan tujuan pembelajaran untuk pertemuan kali ini yaitu mengkaji tentang pola sosialisasi
2. Kegiatan Inti (70’)
· Eksplorasi
Ø Siswa dibagi menjadi 4 kelompok
Ø Tiap-tiap kelompok berdiskusi tentang pola sosialisasi yaitu sosialisasi represif dan sosialisasi partisipatif
Ø Sambil berdiskusi tiap-tiap kelompok menunjuk 3 orang wakil untuk berdebat tentang pola sosialisasi di depan kelas
· Elaborasi
Ø Debat dibagi menjadi dua sesi, pada sesi pertama materi debat adalah pola sosialisasi represif sedangkan pada sesi kedua pola sosialisasi partisipatif
Ø Guru bertindak sebagai moderator
· Konfirmasi
Ø Guru memberikan tanggapan terhadap debat dari siswa dengan memberikan penilaian apakah siswa telah memahami tentang pola sosialisasi
Ø Guru memberikan koreksi terhadap pendapat siswa yang tidak sesuai dengan materi
3. Kegiatan Akhir (10’)
· Mengajukan beberapa pertanyaan untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi yang telah diajarkan
· Meminta beberapa orang siswa untuk menyimpulkan materi pembelajaran.
Pertemuan 4 (2 JP)
1. Kegiatan Awal (10’)
· Memberikan pertanyaan kepada siswa tentang materi pelajaran yang lalu untuk mengulang kembali materi yang telah diajarkan
· Menginformasikan tujuan pembelajaran untuk pertemuan kali ini yaitu tahap sosialisasi dan sosialisasi sebagai suatu proses
2. Kegiatan Inti (70’)
· Eksplorasi
Ø Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
Ø Kelompok 1 mengkaji tentang sosialisasi primer
Ø Kelompok 2 mengkaji tentang sosialisasi sekunder
Ø Kelompok 3 mengkaji tentang sosialisasi anticipatory socialization
Ø Kelompok 4 mengkaji tentang teori looking glass self
Ø Kelompok 5 mengkaji tentang preparatory dan play stage
Ø Kelompok 6 mengkaji tentang game stage dan generelize other
· Elaborasi
Ø Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi tentang tahap sosialisasi dan sosialisasi sebagai suatu proses
Ø Kelompok lain memperhatikan presentasi dan memberikan kritik dan saran kepada kelompok yang tampil
· Konfirmasi
Ø Guru memberikan tanggapan terhadap performans dari siswa dengan memberikan penilaian apakah siswa telah memahami tentang materi tahap sosialisasi dan sosialisasi sebagai suatu proses
Ø Guru memberikan koreksi terhadap performans yang tidak relevan dengan materi
3. Kegiatan Akhir (10’)
· Mengajukan beberapa pertanyaan untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi yang telah diajarkan
· Meminta beberapa orang siswa untuk menyimpulkan materi pembelajaran.
Pertemuan 5 (2 JP)
1. Kegiatan Awal (10’)
· Memberikan kesempatan kepada siswa membaca materi pelajaran pada pertemuan yang lalu
· Memberikan beberapa pertanyaan untuk mengulang materi yang telah diajarkan
· Menginformasikan tujuan pembelajaran untuk pertemuan kali ini yaitu pengertian dan susunan kepribadian
2. Kegiatan Inti (70’)
· Eksplorasi
Ø Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
Ø Kelompok 1 mengkaji tentang definisi kepribadian menurut Roucek and Warren
Ø Kelompok 2 mengkaji tentang definisi kepribadian menurut Theodore R Newcomb
Ø Kelompok 3 mengkaji tentang definisi kepribadian menurut Yinger
Ø Kelompok 4 mengkaji tentang definisi kepribadian menurut Cuber
Ø Kelompok 5 mengkaji tentang susunan kepribadian yaitu pengetahuan dan perasaan
Ø Kelompok 6 mengkaji tentang susunan kepribadian yaitu dorongan naluri
· Elaborasi
Ø Secara bergantian tiap-tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi
Ø Kelompok lain memberikan tanggapan terhadap presentasi yang ditampilkan
· Konfirmasi
Ø Guru memberikan tanggapan terhadap diskusi dari siswa dengan memberikan kritik dan saran terhadap diskusi siswa
Ø Guru memberikan koreksi terhadap tanggapan atau jawaban yang tidak relevan dengan materi pelajaran
3. Kegiatan Akhir (10’)
· Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan
· Menunjuk beberapa orang siswa untuk memberikan kesimpulan materi yang telah diajarkan
Pertemuan 6 (2 JP)
1. Kegiatan Awal (10’)
· Memberikan beberapa pertanyaan untuk mengulang materi yang telah diajarkan
· Menginformasikan tujuan pembelajaran untuk pertemuan kali ini yaitu faktor-faktor pembentuk kepribadian
2. Kegiatan Inti (70’)
· Eksplorasi
Ø Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
Ø Kelompok 1 mengkaji tentang warisan biologis
Ø Kelompok 2 mengkaji tentang lingkungan fisik
Ø Kelompok 3 mengkaji tentang kebudayaan
Ø Kelompok 4 mengkaji tentang pengalaman kelompok
Ø Kelompok 5 mengkaji tentang pengalaman unik
Ø Kelompok 6 mengkaji tentang faktor kepribadian menurut F.G Robbins
· Elaborasi
Ø Secara bergantian tiap-tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi
Ø Kelompok lain memberikan tanggapan terhadap presentasi yang ditampilkan
· Konfirmasi
Ø Guru memberikan tanggapan terhadap diskusi dari siswa dengan memberikan kritik dan saran terhadap diskusi siswa
Ø Guru memberikan koreksi terhadap tanggapan atau jawaban yang tidak relevan dengan materi pelajara
3. Kegiatan Akhir (10’)
· Guru memberikan tanggapan terhadap debat siswa dengan memberikan penilaian apakah siswa telah memahami tentang metode sosiologi
· Guru memberikan koreksi terhadap tanggapan atau jawaban yang tidak relevan dengan materi pelajaran
A. Sumber belajar
· Sociology matter, Sosiologi suatu pengantar (Soerjono Seokanto), Sosiologi (Paul B Horton dan Charles L Hunt)
· Sumber dari artikel, internet dan bahan lain yang relevan
B. Penilaian Penilaian Performans
· Performans tentang sosiologi sebagai ilmu dan metode
· Aspek yang dinilai:
· Kecakapan akademis
· Kecakapan sosial
· Pedoman penskoran:
No. | Aspek Yang Dinilai | Kriteria |
1. | 1. Kecakapan akademis · Penguasaan materi | Skor 5, jika penguasaan materi sangat baik Skor 4, jika penguasaan materi baik Skor 3, jika penguasaan materi sedang Skor 2, jika penguasaan materi kurang Skor 1, jika penguasaan materi sangat kurang |
| · Pengembangan konsep | Skor 5, jika mampu mengembangkan konsep dengan sangat baik Skor 4, jika mampu mengembangkan konsep dengan baik Skor 3, jika cukup pengembangan konsepnya Skor 2, jika kurang pengembangan konsepnya Skor 1, jika sangat kurang pengembangan konsepnya |
2. | Kecakapan sosial · Penghayatan peran | Skor 5, jika penghayatan peran sangat baik Skor 4, jika penghayatan peran baik Skor 3, jika penghayatan peran cukup Skor 2, jika penghayatan peran kurang Skor 1, jika penghayatan peran sangat kurang |
| · Intonasi suara | Skor 5, jika intonasi suara sangat baik pada saat penampilan Skor 4, jika intonasi suara baik pada saat penampilan Skor 3, jika intonasi suara cukup pada saat penampilan Skor 2, jika intonasi suara kurang pada saat penampilan Skor 1, jika intonasi suara sangat kurang pada saat penampilan |
| · Ekspresi | Skor 5, jika ekspresi sangat baik Skor 4, jika ekspresi baik Skor 3, jika ekspresi cukup Skor 2, jika ekspresi kelompok kurang Skor 1, jika ekspresi sangat kurang |
FORMAT PENILAIAN PERFORMANS TENTANG SOSIALISASI
No. | Aspek Yang Dinilai Nama Siswa | Kecakapan Akademis | Kecakapan Sosial | |||
Penguasaan Konsep | Pengembangan Konsep | Penghayatan peran | Intonasi suara | ekspresi | ||
1. | | | | | | |
2. | | | | | | |
dst. | | | | | | |
kebumen, 5 Januari 2012
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Nuriwan Bhakti, S.Pd Sarirotul Khusnah, S.Pd
NIP. 19650210 198803 1 009 NIP. 3402409023
Tidak ada komentar:
Posting Komentar