Kamis, 05 Januari 2012

RPP KELAS 1 PERILAKU MENYIMPANG DAN SIKAP ANTI SOSIAL


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan pendidikan                     : MAN I KEBUMEN
Kelas/semester                         : X / 2
Program                                   : -
Mata pelajaran                          : SOSIOLOGI
Alokasi waktu                           : 10 x 45 menit

A.  Standar Kompetensi
Menerapkan nilai dan norma dalam proses pembentukan kepribadian
B.   Kompetensi Dasar
Mendiskripsikan terjadinya perilaku menyimpang dan sikap – sikap anti sosial
C.   Indicator Pencapaian Kompetensi
1.      Menguraikan definisi perilaku menyimpang
2.      mengidentifikasi jenis-jenis perilaku menyimpang
3.      Mendeskripsikan sebab terjadinya perilaku menyimpang
4.      Mendeskripsikan teori penyimpangan
D.  Tujuan Pembelajaran
Setelah  proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat :
1.      Menguraikan definisi perilaku menyimpang
2.      mengidentifikasi jenis-jenis perilaku menyimpang
3.      Mendeskripsikan sebab terjadinya perilaku menyimpang
4.      Mendeskripsikan teori penyimpangan
E.   Materi Ajar : Perilaku Menyimpang dan Sikap Anti Sosial
1.       Perilaku menyimpang
2.       Jenis perilaku menyimpang serta sebab perilaku menyimpang
3.       Teori penyimpangan
F.    Alokasi Waktu: 10 x 45 menit
G.  Model dan Metode Pembelajaran
1.      Model pembelajaran: Diskusi kelompok problem solving, jigsaw
2.      Metode pembelajaran: ceramah, kerja kelompok, kerja mandiri
H.  Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 JP)                  
1.    Kegiatan Awal (10’)
·      Menginformasikan tujuan pembelajaran yaitu mendeskripsikan definisi dan ciri perilaku menyimpang
·      Memotivasi siswa untuk mengetahui lebih lanjut tentang perilaku menyimpang
2.    Kegiatan Inti (70’)
·      Eksplorasi
Ø Siswa secara berkelompok mendiskusikan definisi perilaku menyimpang menurut: James V Zander, Bruce J Cohen, dan Robert M.Z Lawang
Ø Diskusi dilanjutkan dengan mengkaji tentang ciri-ciri perilaku menyimpang menurut Paul B Horton
·      Elaborasi
Ø Beberapa kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang definisi ciri perilaku menyimpang
Ø Kelompok lain memperhatikan materi presentasi dengan memberikan kritik dan saran
·      Konfirmasi
Ø Guru memberikan konfirmasi dengan mengoreksi pendapat yang salah dan memberikan penegasan pada jawaban yang benar
Ø Kelompok yang mengajukan jawaban yang kurang tepat diharapkan memperbaiki jawaban tersebut
3.    Kegiatan Akhir (10’)
·      Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan
·      Menunjuk beberapa orang siswa untuk menyimpulkan materi pelajaran

Pertemuan 2 (2 JP)
1.    Kegiatan Awal (10’)
·      Mempersiapkan siswa dengan mengajukan pertanyaan tentang materi sembelumnya yaitu definisi dan ciri perilaku menyimpang
·      Menginformasikan tujuan pembelajaran kali ini yaitu tentang sifat dan jenis perilaku menyimpang
2.    Kegiatan Inti (70’)
·      Eksplorasi
Ø Siswa secara berkelompok mendiskusikan sifat dan jenis perilaku menyimpang
Ø Kelompok 1 mengkaji tentang penyimpangan positif
Ø Kelompok 2 mengkaji tentang penyimpangan negatif
Ø Kelompok 3 mengkaji tentang penyimpangan primer
Ø Kelompok 4 mengkaji tentang penyimpangan sekunder
Ø Kelompok 5 mengkaji tentang penyimpangan individual
Ø Kelompok 6 mengkaji tentang penyimpangan kelompok
·      Elaborasi
Ø Beberapa kelompok mempresentasikan hasil diskusi tentang sifat dan jenis perilaku menyimpang
Ø Kelompok lain memperhatikan materi presentasi
·      Konfirmasi
Ø Guru memberikan konfirmasi dengan mengoreksi presentasi dari siswa
Ø Kelompok yang mengajukan jawaban yang kurang tepat diharapkan memperbaiki jawaban tersebut
3.    Kegiatan Akhir (10’)
·      Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang sifat dan jenis perilaku menyimpang
·      Mengajukan beberapa pertanyaan penutup kepada siswa untuk mengecek pemahaman siswa terhadap materi pelajaran
·      Menunjuk beberapa orang siswa untuk menyimpulkan materi pelajaran

Pertemuan 3 (2 JP)
1.    Kegiatan Awal (10’)
·      Mengajukan pertanyaan tentang materi sebelumnya tentang sifat dan jenis perilaku menyimpang
·      Menginformasikan tujuan pembelajaran kali ini yaitu tentang sebab dan teori perilaku menyimpang
2.    Kegiatan Inti (70’)
·      Eksplorasi
Ø Siswa secara berkelompok mendiskusikan tentang sebab dan teori perilaku menyimpang
Ø Kelompok 1 mendiskusikan tentang penyimpangan sebagai akibat sosialisasi yang tidak sempurna
Ø Kelompok 2 mendiskusikan tentang penyimpangan karena hasil sosialisasi subkebudayaan menyimpang
Ø Kelompok 3 mendiskusikan tentang penyimpangan sebagai hasil proses belajar yang menyimpang
Ø Kelompok 4 mendiskusikan tentang Teori Labelling
Ø Kelompok 5 mendiskusikan tentang Teori hubungan diferensiasi
Ø Kelompok 6 mendiskusikan tentang teori anomie Robert K Merton
·      Elaborasi
Ø Beberapa kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang sebab dan teori perilaku menyimpang 
Ø Kelompok lain memperhatikan materi presentasi
·      Konfirmasi
Ø Guru memberikan konfirmasi dengan mengoreksi pendapat yang salah dan memberikan penegasan pada jawaban yang benar
Ø Kelompok yang mengajukan jawaban yang kurang tepat diharapkan memperbaiki jawaban tersebut
3.    Kegiatan Akhir (10’)
·      Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang sebab dan teori perilaku menyimpang
·      Menunjuk beberapa orang siswa untuk menyimpulkan materi pelajaran

Pertemuan 4 (2 JP)
1.    Kegiatan Awal (10’)
·      Mengajukan pertanyaan tentang materi sebelumnya tentang sebab dan teori perilaku menyimpang
·      Menginformasikan tujuan pembelajaran kali ini yaitu tentang bentuk-bentuk perilaku menyimpang
2.    Kegiatan Inti (70’)
·      Eksplorasi
Ø Siswa secara berkelompok mendiskusikan tentang bentuk-bentuk perilaku menyimpang
Ø Kelompok 1 mengkaji tentang kasus penyalahgunaan narkoba
Ø Kelompok 2 mengkaji tentang kasus penyimpangan seksual
Ø Kelompok 3 mengkaji tentang alkoholisme
Ø Kelompok 4 mengkaji tentang kenakalan remaja
·      Elaborasi
Ø Tiap-tiap kelompok secara bergantian mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang bentuk-bentuk perilaku menyimpang
Ø Kelompok lain memperhatikan materi presentasi
·      Konfirmasi
Ø Guru memberikan konfirmasi dengan mengoreksi pendapat yang salah dan memberikan penegasan pada jawaban yang benar
Ø Kelompok yang mengajukan jawaban yang kurang tepat diharapkan memperbaiki jawaban tersebut
3.    Kegiatan Akhir (10’)
·      Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan
·      Menunjuk beberapa orang siswa untuk menyimpulkan materi pelajaran
E.   Alat, bahan dan sumber belajar
·         Wikipedia ensiklopedi, Sosiologi suatu pengantar (Soerjono Seokanto),  Sosiologi (Paul B Horton dan Charles L Hunt)
·         Sumber dari artikel, internet dan bahan lain yang relevan   
F.     Penilaian
  1. Jenis tagihan     : soal esai
1.    Apa Deskripsikan ciri-ciri perilaku menyimpang menurut Paul B Horton!
2.    Deskripsikan dua sifat perilaku menyimpang!
3.    Deskripsikan sebab-sebab terjadinya perilaku menyimpang!
4.    Deskripsikan teori labeling dalam melihat penyimpangan!
5.    Deskripsikan lima tipe cara adaptasi menurut Robert K Merton!
b.      Bentuk instrumen  : uraian  

                                                                                                        Kebumen, 5 Januari 2012                       
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                      Guru Mata Pelajaran

Nuriwan Bhakti, S.Pd                                                         Sarirotul Khusnah, S. Pd
NIP. 196502101988031009                                                           NIP. 3401409023                                        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar