RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan pendidikan : MAN I KEBUMEN
Kelas/semester : X / 2
Program : -
Mata pelajaran : SOSIOLOGI
Alokasi waktu : 10 x 45 menit
A. Standar Kompetensi
Menerapkan nilai dan norma dalam proses pembentukan kepribadian
B. Kompetensi Dasar
Mendiskripsikan terjadinya perilaku menyimpang dan sikap – sikap anti sosial
C. Indicator Pencapaian Kompetensi
1. Menguraikan definisi perilaku menyimpang
2. mengidentifikasi jenis-jenis perilaku menyimpang
3. Mendeskripsikan sebab terjadinya perilaku menyimpang
4. Mendeskripsikan teori penyimpangan
D. Tujuan Pembelajaran
1. Menguraikan definisi perilaku menyimpang
2. mengidentifikasi jenis-jenis perilaku menyimpang
3. Mendeskripsikan sebab terjadinya perilaku menyimpang
4. Mendeskripsikan teori penyimpangan
E. Materi Ajar : Perilaku Menyimpang dan Sikap Anti Sosial
1. Perilaku menyimpang
2. Jenis perilaku menyimpang serta sebab perilaku menyimpang
3. Teori penyimpangan
F. Alokasi Waktu: 10 x 45 menit
G. Model dan Metode Pembelajaran
1. Model pembelajaran: Diskusi kelompok problem solving, jigsaw
2. Metode pembelajaran: ceramah, kerja kelompok, kerja mandiri
H. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 JP)
1. Kegiatan Awal (10’)
· Menginformasikan tujuan pembelajaran yaitu mendeskripsikan definisi dan ciri perilaku menyimpang
· Memotivasi siswa untuk mengetahui lebih lanjut tentang perilaku menyimpang
2. Kegiatan Inti (70’)
· Eksplorasi
Ø Siswa secara berkelompok mendiskusikan definisi perilaku menyimpang menurut: James V Zander, Bruce J Cohen, dan Robert M.Z Lawang
Ø Diskusi dilanjutkan dengan mengkaji tentang ciri-ciri perilaku menyimpang menurut Paul B Horton
· Elaborasi
Ø Beberapa kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang definisi ciri perilaku menyimpang
Ø Kelompok lain memperhatikan materi presentasi dengan memberikan kritik dan saran
· Konfirmasi
Ø Guru memberikan konfirmasi dengan mengoreksi pendapat yang salah dan memberikan penegasan pada jawaban yang benar
Ø Kelompok yang mengajukan jawaban yang kurang tepat diharapkan memperbaiki jawaban tersebut
3. Kegiatan Akhir (10’)
· Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan
· Menunjuk beberapa orang siswa untuk menyimpulkan materi pelajaran
Pertemuan 2 (2 JP)
1. Kegiatan Awal (10’)
· Mempersiapkan siswa dengan mengajukan pertanyaan tentang materi sembelumnya yaitu definisi dan ciri perilaku menyimpang
· Menginformasikan tujuan pembelajaran kali ini yaitu tentang sifat dan jenis perilaku menyimpang
2. Kegiatan Inti (70’)
· Eksplorasi
Ø Siswa secara berkelompok mendiskusikan sifat dan jenis perilaku menyimpang
Ø Kelompok 1 mengkaji tentang penyimpangan positif
Ø Kelompok 2 mengkaji tentang penyimpangan negatif
Ø Kelompok 3 mengkaji tentang penyimpangan primer
Ø Kelompok 4 mengkaji tentang penyimpangan sekunder
Ø Kelompok 5 mengkaji tentang penyimpangan individual
Ø Kelompok 6 mengkaji tentang penyimpangan kelompok
· Elaborasi
Ø Beberapa kelompok mempresentasikan hasil diskusi tentang sifat dan jenis perilaku menyimpang
Ø Kelompok lain memperhatikan materi presentasi
· Konfirmasi
Ø Guru memberikan konfirmasi dengan mengoreksi presentasi dari siswa
Ø Kelompok yang mengajukan jawaban yang kurang tepat diharapkan memperbaiki jawaban tersebut
3. Kegiatan Akhir (10’)
· Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang sifat dan jenis perilaku menyimpang
· Mengajukan beberapa pertanyaan penutup kepada siswa untuk mengecek pemahaman siswa terhadap materi pelajaran
· Menunjuk beberapa orang siswa untuk menyimpulkan materi pelajaran
Pertemuan 3 (2 JP)
1. Kegiatan Awal (10’)
· Mengajukan pertanyaan tentang materi sebelumnya tentang sifat dan jenis perilaku menyimpang
· Menginformasikan tujuan pembelajaran kali ini yaitu tentang sebab dan teori perilaku menyimpang
2. Kegiatan Inti (70’)
· Eksplorasi
Ø Siswa secara berkelompok mendiskusikan tentang sebab dan teori perilaku menyimpang
Ø Kelompok 1 mendiskusikan tentang penyimpangan sebagai akibat sosialisasi yang tidak sempurna
Ø Kelompok 2 mendiskusikan tentang penyimpangan karena hasil sosialisasi subkebudayaan menyimpang
Ø Kelompok 3 mendiskusikan tentang penyimpangan sebagai hasil proses belajar yang menyimpang
Ø Kelompok 4 mendiskusikan tentang Teori Labelling
Ø Kelompok 5 mendiskusikan tentang Teori hubungan diferensiasi
Ø Kelompok 6 mendiskusikan tentang teori anomie Robert K Merton
· Elaborasi
Ø Beberapa kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang sebab dan teori perilaku menyimpang
Ø Kelompok lain memperhatikan materi presentasi
· Konfirmasi
Ø Guru memberikan konfirmasi dengan mengoreksi pendapat yang salah dan memberikan penegasan pada jawaban yang benar
Ø Kelompok yang mengajukan jawaban yang kurang tepat diharapkan memperbaiki jawaban tersebut
3. Kegiatan Akhir (10’)
· Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang sebab dan teori perilaku menyimpang
· Menunjuk beberapa orang siswa untuk menyimpulkan materi pelajaran
Pertemuan 4 (2 JP)
1. Kegiatan Awal (10’)
· Mengajukan pertanyaan tentang materi sebelumnya tentang sebab dan teori perilaku menyimpang
· Menginformasikan tujuan pembelajaran kali ini yaitu tentang bentuk-bentuk perilaku menyimpang
2. Kegiatan Inti (70’)
· Eksplorasi
Ø Siswa secara berkelompok mendiskusikan tentang bentuk-bentuk perilaku menyimpang
Ø Kelompok 1 mengkaji tentang kasus penyalahgunaan narkoba
Ø Kelompok 2 mengkaji tentang kasus penyimpangan seksual
Ø Kelompok 3 mengkaji tentang alkoholisme
Ø Kelompok 4 mengkaji tentang kenakalan remaja
· Elaborasi
Ø Tiap-tiap kelompok secara bergantian mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang bentuk-bentuk perilaku menyimpang
Ø Kelompok lain memperhatikan materi presentasi
· Konfirmasi
Ø Guru memberikan konfirmasi dengan mengoreksi pendapat yang salah dan memberikan penegasan pada jawaban yang benar
Ø Kelompok yang mengajukan jawaban yang kurang tepat diharapkan memperbaiki jawaban tersebut
3. Kegiatan Akhir (10’)
· Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan
· Menunjuk beberapa orang siswa untuk menyimpulkan materi pelajaran
E. Alat, bahan dan sumber belajar
· Wikipedia ensiklopedi, Sosiologi suatu pengantar (Soerjono Seokanto), Sosiologi (Paul B Horton dan Charles L Hunt)
· Sumber dari artikel, internet dan bahan lain yang relevan
F. Penilaian
- Jenis tagihan : soal esai
1. Apa Deskripsikan ciri-ciri perilaku menyimpang menurut Paul B Horton!
2. Deskripsikan dua sifat perilaku menyimpang!
3. Deskripsikan sebab-sebab terjadinya perilaku menyimpang!
4. Deskripsikan teori labeling dalam melihat penyimpangan!
5. Deskripsikan lima tipe cara adaptasi menurut Robert K Merton!
b. Bentuk instrumen : uraian
Kebumen, 5 Januari 2012
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Nuriwan Bhakti, S.Pd Sarirotul Khusnah, S. Pd
NIP. 196502101988031009 NIP. 3401409023
Tidak ada komentar:
Posting Komentar