Rabu, 30 November 2011

STRATIFIKASI SOSIAL YANG ADA DI KEBUMEN



1.      Unsur kekayaan
Di daerah saya menilai seseorang terhadap kekayaan dan itu di masukan kedalam lapisan teratas, dapat dilihat dari; bentuk rumah dan isinya seperti peralatan yang ada didalamnya, alat transportasi, sawah dan tanah yang dimilikinya dan jenis tanaman apa saja yang ia tanam, cara menggunakan pakaian, kebiasaan untuk berbelanja barang-barang yang ia beli mahal, makanan sehari-hari.
2.      Unsur  ilmu pengetahuan
Melihat tentangimu pengetahuan yang ini menjadikan posisi di lapisan atas juga. Yaitu gelar sarjana, itupun masih sedikit yang sampaia ke gelar sarjana hanya saja di kalangan orang kaya, kalaupun ada yang dari kalangan bawah karena berabggapan ia akan membawa nama keluarganya lebih baik dan bisa memperbaiki tingkat ekonomi.
3.      Unsure kekuasaan
Yang menempati lapisan teratas berdasarkan kekuasaan yaitu kepala desa beserta kader-kadernya, kiai beserta pengurusnya.
4.      Unsure kehormatan
Unsure ini tidak terlepas dari kekayaan dan kekuasaan. Orang ini adalah orang yang paling di hormati dan di segani oleh masyarakat. Seperti mantan Kepala Desa beserta seperangkatnya, Guru dan Kiai.


Di daerah saya masyarakat memiliki sifat terbuka dan tertutup. Missal di masyarakat yang terbuka, masyarakat saya bisa menerima hal-hal yang dianggapnya akan membawa perubahan yang lebih baik misalnya masuknya teknologi.
Masyarakat yang tertutup jika ada penghuni baru yang membawa budaya baru maka masyarakat yang ada di desa saya tidak ikut budaya batu karena beranggapan akan merusak kebudayaan yang telah terjalin sangat lama supaya tidak punah ia akan melestarikannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar